cerita hidupku takkan lebih indah tanpa hadirnya dirmu..

Rabu, 14 November 2012

cara merawat rambut kering

tulisan ini didedikasikan buat temenku yang kemarin curhat soal rambutnya yang sulit diatur.
mmm, emang sedikit rada sulit merawat rambut yang basicnya kering. tapi rambut itu kan mahkota yang harus dijaga, terutama buat perembuan, pasti pada kepengen kan punya rambut bagus, rapi, indah, dan terawat?
meskipun pakai jilbab, tapi soal rambut jangan dilupakan dan diabaikan atau bahkan ngga pernah dilirik sama sekali (jorok banget haha).

oke, saya ada sedikit tips bagaimana merawat rambut yang jenisnya kering. ini berdasarkan browsing dan pengalaman dari temen-temen.

1. konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung protein dan asam lemak, fungsinya untuk melindungi rambut dari berbagai faktor lingkungan. contohnya asam lemak tunggal yang terdapat pada buah alpukat yang berfungsi sebagai antioksidan. oiya, protein dan asam lemak itu dibutuhkan banget lho untuk pertumbuhan rambut.
2. pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu. misalnya penggunaan shampoo yang cocok, jangan sering gonta ganti shampoo, itu nggak baik lho. kalau untuk rambut kering, bisa dengan menggunakan shampoo yang mengandung minyak almond, karena rambut kering itu lebih banyak membutuhkan minyak untuk melembabkan rambut. trus itu juga tuh, minyak kemiri. minyak kemiri itu baik lho untuk menjaga kesehatan rambut, buktinya sudah banyak kok. coba deh :)
3. rajinlah merawat rambut secara kontinyu, jangan kalo lagi mood aja ya. karena rambut juga bagian dari tubuh kita yang nggak boleh luput dari perawatan sehari-hari. minimal keramas tiap 2-3 hari sekali. tapi jangan terlalu sering juga ya, karena bisa aja lapisan rambutnya malah rusak. oiya, kalo abis keramas ada baiknya pakai kondisioner.
4. lindungi rambut dari sengatan matahari secara langsung. hindari juga terlalu sering menggunakan hairdryer. karena panas yang dikeluarkan dapat merusak rambut.

hemm cuma segitu aja sih saran dari aku, mohon maaf kalau masih belum lengkap. tapiiii, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komennya yah...